BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Singkong
merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar penduduk di Indonesia yang
banyak diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan. Karena selain harganya
yang murah dan cara mendapatkannya yang mudah, ternyata singkong juga memiliki
kandungan gizi yang banyak. Proses penanaman singkong yang mudah juga menjadi
salah satu alasan mengapa singkong banyak diminati oleh masyarakat. Seperti
yang kita ketahui banyak sekali cara yang digunakan untuk menyajikan singkong
agar dapat dinikmati semua kalangan seperti dibuat tape, getuk, comro dan
lain-lain. Bahkan industri makanan yang terdapat di indonesia juga mulai
menggunakan singkong sebagai bahan dasar pembuatan makanan.
Maka dari itu
atas pertimbangan di atas kami mencoba untuk mengolah singkong agar lebih
banyak dinikmati dan dengan tampilan yang berbeda, kami mencoba mengolah
singkong agar menjadi makanan yang manis dengan memadukannya dengan susu dan
keju. Kami namai dengan Si Keju (Singkong
Keju)
BAB II
LANGKAH – LANGKAH USAHA
2.1 Deskrifsi Usaha
Usaha yang kami jalankan menghasilkan produk berupa Singkong Keju
sebagai makanan untuk masyarakat dimana masyarakat banyak menggunakan singkong
sebagai pengganti nasi..
2.2 Lokasi
Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih yaitu di rumah dan warung,
dimana rumah dan warungnya terletak di
kota yang padat penduduk.
2.3 Analisa
Swot
1. Streng (Kekuatan)
·
Sangat
baik untuk masyarakat untuk pengganti nasi
·
Modal Si
Keju (Singkong Keju ) tidak memakan modal banyak.
·
Bisnis
ini tidak menyita banyak waktu
·
Bisnis
ini tidal menyita banyak tempat
·
Hasil
dari produk ini sangat menarik
2. Weakness
·
Jika
tidak benear-benar mengerti mengenai singkong dan fungsi dari berbagai macam
jenis ubi-ubian, tidak akan menghasilkan makanan yang enak
3. Opertunities.
·
kesempatan
emas untuk mendapatkan penghasilan jika kita melakukannya dengan tekun dan
benar dalam pembuatan dan pengolahan kita akan mendapatkan kualitas baik.
·
Bisnis
selalu dibutuhkan bagi pecinta singkong
4. Threat
·
banyaknya
pendatang atau persaing dari pengolahan singkong ini, dengan banyaknya saingan
kita harus bisa mencari relasi sehingga hasil makanan kita mudah untuk di
suplai ke konsumen sasaran.
BAB
III
METODE
PMASARAN
3.1 Pra
Produksi
Kegiatan pra produksi di slenggarakan untuk mensurvei tempat yang
cocok untuk pemasaran Si Keju ini
sehingga Si Keju ini dapat di nikmati oleh seluruh lapisan msyarakat.
2.4 Produksi / pembuatan
1.
Mencari bahan untuk produksi
a)
Memabawa bahan – bahan ke
tempat produksi
b)
Cara Pembuatan
·
Bersihkan terlebih dahulu singkong
yang akan diolah
·
Potong kecil-kecil singkong yang
sudah dibersihkan.
·
Masukan singkong yang sudah
di potong ke dalam air yang telah disediakan.
·
Rebus singkong sampai terasa
empuk
·
Masukan gula pasir ke dalam
singkong yang sedang direbus agar menghasilkan rasa manis pada singkong
·
Siapkan penggorengan untuk menggoreng
singkong
·
Setelah singkong terasa
empuk, masukan singkong ke dalam penggorengan yang sudah diisi minyak
·
Goreng singkong samapai
terlihat matang
2.
Cara penyajian
Sementara singkong di masak kita siapkan untuk proses penyajian
·
Siapkan piring
·
Angkat singkong yang sudah
matang ke atas piring
·
Siapkan cup untuk proses
pemasaran
·
Masukan singkong yang ada di
piring secukupnya ke dalam cup
·
Tuang susu coklat ke dalam
cup yang telah diisi singkong
·
Untuk mempercantik sajian
taburkan keju di atas singkong yang telah dilumuri susu
·
Si Keju siap di pasarkan
2.5
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar Pemasaran
dalam usaha ini adalah kios – kios makanan ataupun warung – warung tempat makan.
2.6
Promosi
Promosi
yang akan kami lakukan sehubungan dengan rendahnya tingkat pesaing maka kami tidak akan terlalou mengeluarkan
uang banyak, kami hanya akan mempromosikan lewat internet atau media sosial
lainya juga kami akan memberikan informasi kepada warung – warung penjual makanan
agar bergabung bersama kami, serta dengan mendatangi rumah-rumah untuk
memberikan testimoni.
3.5
Pengembangan Usaha
Keuntungan yang diperoleh sebagian akan disisihkan untuk
mengembangkan
BAB IV
REKAPITULASI
ANGGARAN
4.1 Anggaran Pengeluaran
No
|
Alat dan Bahan
|
Harga Persatuan (Rp)
|
Banyak
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1
|
Singkong
|
3.000/kg
|
30 kg
|
90.000
|
2
|
Keju craft kecil
|
5.500
|
10
|
55.000
|
3
|
Susu Indomilk kental coklat
|
1.500
|
30
|
45.000
|
4
|
Minyak Goreng
|
14.000/kg
|
5 kg
|
70.000
|
5
|
Gula pasir
|
2.000/ons
|
3 kg
|
6.000
|
6
|
Gas
|
20.000
|
2
|
40.000
|
7
|
Cup Bening
|
200/pcs
|
300
|
60.000
|
8
|
Garpu kecil
|
50/pcs
|
300
|
15.000
|
9
|
Hekter
|
2.000/dus
|
1
|
2000
|
Jumlah
|
293.090
|
4.2 Pemasukan
Dalam 1 hari kami memproduksi Si Keju (Singkong
Keju) sebanyak 10 cup dengan harga 3000/cup. Karena kami memasarkan Si Keju
dengan menitipkan ke warung-warung terdekat maka pembagiannya 1000 untuk warung
dan 2000 untuk kami. Sehingga jumlah pemasukan dalam 1 bulan adalah :
No
|
Biaya
|
|||
1
|
Total
Biaya
|
293.090
|
||
2
|
Pemasukan
|
300
cup
|
2000
|
600.000
|
3
|
Keuntungan
|
Total
Penjualan – biaya total
|
306.910
|
|
4
|
R/C
Ratio
|
Penerimaan/Biaya
Total
|
2,04
|
BAB V
DOKUMENTASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar