Jumat, 23 September 2016

Si Keju




BAB I
PENDAHULUAN
                                                                                       

1.1  Latar Belakang
Singkong merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar penduduk di Indonesia yang banyak diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan. Karena selain harganya yang murah dan cara mendapatkannya yang mudah, ternyata singkong juga memiliki kandungan gizi yang banyak. Proses penanaman singkong yang mudah juga menjadi salah satu alasan mengapa singkong banyak diminati oleh masyarakat. Seperti yang kita ketahui banyak sekali cara yang digunakan untuk menyajikan singkong agar dapat dinikmati semua kalangan seperti dibuat tape, getuk, comro dan lain-lain. Bahkan industri makanan yang terdapat di indonesia juga mulai menggunakan singkong sebagai bahan dasar pembuatan makanan.
Maka dari itu atas pertimbangan di atas kami mencoba untuk mengolah singkong agar lebih banyak dinikmati dan dengan tampilan yang berbeda, kami mencoba mengolah singkong agar menjadi makanan yang manis dengan memadukannya dengan susu dan keju. Kami namai dengan Si Keju (Singkong Keju)




BAB II
LANGKAH – LANGKAH  USAHA


2.1 Deskrifsi Usaha
Usaha yang kami jalankan menghasilkan produk berupa Singkong Keju sebagai makanan untuk masyarakat dimana masyarakat banyak menggunakan singkong sebagai pengganti nasi..

2.2  Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih yaitu di rumah dan warung, dimana rumah dan warungnya  terletak di kota yang padat penduduk.
2.3  Analisa Swot
1.      Streng (Kekuatan)
·         Sangat baik untuk masyarakat untuk pengganti nasi
·         Modal Si Keju (Singkong Keju ) tidak memakan modal banyak.
·         Bisnis ini tidak menyita banyak waktu
·         Bisnis ini tidal menyita banyak tempat
·         Hasil dari produk ini sangat menarik
2.      Weakness
·         Jika tidak benear-benar mengerti mengenai singkong dan fungsi dari berbagai macam jenis ubi-ubian, tidak akan menghasilkan makanan yang enak
3.      Opertunities.
·         kesempatan emas untuk mendapatkan penghasilan jika kita melakukannya dengan tekun dan benar dalam pembuatan dan pengolahan kita akan mendapatkan kualitas baik.
·         Bisnis selalu dibutuhkan bagi pecinta singkong


4.      Threat
·         banyaknya pendatang atau persaing dari pengolahan singkong ini, dengan banyaknya saingan kita harus bisa mencari relasi sehingga hasil makanan kita mudah untuk di suplai ke konsumen sasaran.




BAB III
METODE PMASARAN

3.1 Pra Produksi
Kegiatan pra produksi di slenggarakan untuk mensurvei tempat yang cocok untuk pemasaran Si Keju ini sehingga Si Keju ini dapat di nikmati oleh seluruh lapisan msyarakat.

2.4  Produksi / pembuatan
1.      Mencari bahan untuk produksi
a)      Memabawa bahan – bahan ke tempat produksi
b)      Cara Pembuatan
·           Bersihkan terlebih dahulu singkong yang akan diolah
·           Potong kecil-kecil singkong yang sudah dibersihkan.
·           Masukan singkong yang sudah di potong ke dalam air yang telah disediakan.
·           Rebus singkong sampai terasa empuk
·          Masukan gula pasir ke dalam singkong yang sedang direbus agar menghasilkan rasa manis pada singkong
·           Siapkan penggorengan untuk menggoreng singkong
·           Setelah singkong terasa empuk, masukan singkong ke dalam penggorengan yang sudah diisi minyak
·           Goreng singkong samapai terlihat matang

2.      Cara penyajian
Sementara singkong di masak kita siapkan untuk proses penyajian
·         Siapkan piring
·         Angkat singkong yang sudah matang ke atas piring
·         Siapkan cup untuk proses pemasaran
·         Masukan singkong yang ada di piring secukupnya ke dalam cup
·         Tuang susu coklat ke dalam cup yang telah diisi singkong
·         Untuk mempercantik sajian taburkan keju di atas singkong yang telah dilumuri susu
·         Si Keju siap di pasarkan


2.5  Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar Pemasaran dalam usaha ini adalah kios – kios makanan ataupun warung – warung tempat makan. 

2.6  Promosi
Promosi yang akan kami lakukan sehubungan dengan rendahnya tingkat pesaing  maka kami tidak akan terlalou mengeluarkan uang banyak, kami hanya akan mempromosikan lewat internet atau media sosial lainya juga kami akan memberikan informasi kepada warung – warung penjual makanan agar bergabung bersama kami, serta dengan mendatangi rumah-rumah untuk memberikan testimoni.

3.5  Pengembangan Usaha
Keuntungan yang diperoleh sebagian akan disisihkan untuk mengembangkan




BAB IV
REKAPITULASI ANGGARAN

4.1 Anggaran Pengeluaran
No
Alat dan Bahan
Harga Persatuan (Rp)
Banyak
Jumlah Harga (Rp)
1
Singkong
3.000/kg
30 kg
90.000
2
Keju craft kecil
5.500
10
55.000
3
Susu Indomilk kental coklat
1.500
30
45.000
4
Minyak Goreng
14.000/kg
5 kg
70.000
5
Gula pasir
2.000/ons
3 kg
6.000
6
Gas
20.000
2
40.000
7
Cup Bening
200/pcs
300
60.000
8
Garpu kecil
50/pcs
300
15.000
9
Hekter
2.000/dus
1
2000

Jumlah
293.090
           
















4.2 Pemasukan
            Dalam 1 hari kami memproduksi Si Keju (Singkong Keju) sebanyak 10 cup dengan harga 3000/cup. Karena kami memasarkan Si Keju dengan menitipkan ke warung-warung terdekat maka pembagiannya 1000 untuk warung dan 2000 untuk kami. Sehingga jumlah pemasukan dalam 1 bulan adalah :
No
Biaya

1
Total Biaya
293.090
2
Pemasukan
300 cup
2000
600.000
3
Keuntungan
Total Penjualan – biaya total
306.910
4
R/C Ratio
Penerimaan/Biaya Total
2,04

BAB V
DOKUMENTASI














Tidak ada komentar:

Posting Komentar